Matlab

Belajar Matlab – Mengenal Fungsi Subplot Pada Matlab

Mari belajar Matlab —- ¬†kali ini penulis tidak memulai belajar Matlab dari dasar karena penulis anggap, pembaca disini sudah mengenal Matlab, minimal sudah pernah menggunakan Matlab. Pada kesempatan ini, penulis akan memperkenalkan sebuah fungsi pada Matlab yang berguna untuk menampilkan banyak data pada satu window, tentunya ini akan sangat membantu kita dalam menganalisis dan membandingkan dua atau lebih tampilan data. Fungsi yang dimaksud penulis adalah Subplot.¬†Pada fungsi subplot, data akan ditampilkan dalam satu window dengan mengikuti struktur elemen suatu matrik dan indek. Sintak dari fungsi Subplot ini adalah sebagai berikut :

Subplot(m,n.k),plot(data_x,data_y)

Oke, simple-nya begini, data akan ditampilkan sesuai dengan urutan indek (k) pada suatu matrik mxn. m = baris dan n = kolom. Lihat ilustrasi dibawah ini:

Matlab

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baik, langsung saja kita coba latihan di Matlab. Tuliskan script program berikut di editor Matlab.

%===================================
% Latihan Menggunakan Fungsi Subplot
% Oleh : Danny Kurnianto,S.T.,M.Eng
%===================================
clear all;
clc;

t=[0:5:1000];
x1 = sin(t*pi/180);
x2 = 5*sin(t*pi/180);
x3 = cos(t*pi/180);
x4 = 5*cos(t*pi/180);
x5 = sin(t*pi/180)+cos(t*pi/180);
x6 = cos(t*pi/180)+5*cos(t*pi/180);
subplot(2,3,1),plot(t,x1,’-r’);
subplot(2,3,2),plot(t,x2,’-b’);
subplot(2,3,3),plot(t,x3,’-g’);
subplot(2,3,4),plot(t,x4,’-r’);
subplot(2,3,5),plot(t,x5,’-b’);
subplot(2,3,6),plot(t,x6,’-g’);

Pada contoh script program diatas ada enam data yang akan ditampilkan dalam satu window yaitu data x1 sampai x6. Subplot(2,3,k) artinya bahwa data akan ditampilkan dalam struktur matrik (2 baris, 3 kolom). Untuk urutan indek dimulai dari elemen matrik (1,1) sampai (1,n) lalu lanjut ke elemen matrik (2,1) sampai (2,n).

Baiklah, sudah penasaran bukan dengan hasil running program diatas, akan kita lihat bagaimana tampilan ke-enam data tersebut.

Matlab Fungsi Subplot

Nah, begitulah tampilan ke-enam data jika menggunakan script diatas. Oke, untuk latihan, coba anda ubah script diatas untuk menampilkan ke-enam data tersebut dalam struktur matrik (3,2). Selamat mencoba !!!!!

Unduh PDF

=========================================

Purwokerto, 9 November 2015

Danny Kurnianto,S.T.,M.Eng