Yuk, Membuat Sistem Pengaman Rumah Berbasis NFC

“Kejahatan datang karena ada kesempatan”, demikian kira-kira ujar-ujar yang pernah saya dengar dari Bang Napi (host suatu acara di televisi swasta nasional). Kalau kita renungkan bersama kalimat ini, ada benarnya juga bahwa terbukanya kesempatan akan mengundang orang untuk berbuat kejahatan. Termasuk di dalamnya adalah tindak kejahatan pencurian. Berdasarkan data tahun 2015 dari Badan Pusat Statistik¬†bahwa angka kejadian tindak pencurian di Indonesia sampai tahun 2014 masih tergolong tinggi. Hal ini tentunya menjadi perhatian yang serius bagi kita untuk terus meningkatkan kewaspadaan, terutama perihal keamanan rumah.

Salah satu solusi alternatif yang dapat kita lakukan adalah dengan memasang sistem keamanan rumah berbasis elektronik. Contohnya adalah sistem pengaman pintu elektronik berbasis NFC. Dengan perangkat ini, kita dapat membuka dan menutup pintu secara elektronik menggunakan kartu NFC yang berfungsi untuk menggantikan kunci konvensional. Selain fisiknya yang tipis dan mudah untuk digunakan, kartu NFC juga lebih aman karena tidak dapat diduplikasi. Diharapkan dengan adanya penelitian tentang sistem pengaman pintu elektronik berbasis NFC akan mengurangi tingkat kejahatan pencurian yang marak terjadi akhir-akhir ini.

Sumber : Makalah dengan judul “Penerapan Kartu Elektronis Berbasis Near Field Communication (NFC) Pada Keamanan Pintu Rumah Cerdas” yang dipublikasikan di Jurnal INFOTEL Volume 9 Nomor 1.